Posted by : KiayBlogger Wednesday, November 4, 2015

ass..

kita lanjutkan materi kita tentang macromedia flash, kali ini kita akan membuat media pembelajaran dengan flash tapi didalamnya kita menggunakan inport video. sehingga video yang ditampilkan didalam media pembelajaran menjadi lebih jelas dan terperinci.

langsung saja kita mulai.

pertama siapkan dulu video yang akan kita masukan kedalam flash, bisa teman-teman download dari yoautube tentu sesaui pelajarannya masing".

kemudian buka macromedia flash nya, pilih flash documen. kita ganti layer1 dengan nama background


kemudian kita akan import video yang suadah kita siapkan kedalam background kita, dengan cara pilih file > import > import video...

setelah kita masukan video, kita atur letaknya pada layer background kita, disini kita leyakkan disebelah kiri dari layer.

untuk menampilkan deskripsi dari video bisa kita lakukan langkah ini, klik window > components atau crtl + F7. maka akan muncul jendela components, pilih user interface > pilih text area kemudian tarik kedalam layer.

atur pada propertis seperti gambar dibawah ini




selanjutnya kita akan menambahkan skrip pada video, tujuannya adalah ketika video berjalan secara otomatis keterangan/deskripsi akan keluar pada text area.
langkah nya dengan klik video kemudian kita pilih action maka akan muncul jendela action, kemudian ketikkan scrip dibawah ini 

\
penejelasan scrip, bila video dijalankan maka dari durasi 0 s/d 17 detik akan menampilkan deskripsi pada ""; isikan deskripsi seperti contoh :

on (playheadUpdate) {
if ((playheadTime>=0) and (playheadTime<=17)) {
_root.deskripsi.text = 'Setelah sel membelah, embrio menyusuri tuba fallopi. \n\n'
+'Sekitar 1 minggu setelah konsepsi, embrio mencapai uterus yang memang dipersiapkan untuk menerima embrio.';
} else if ((playheadTime>=18) and (playheadTime<=37)) {

potongan scrip diatas yang bercetak tebal akan ditampilkan ketika video dijalankan, isi deskripsi dan durasi waktu bisa disesuaikan dengan video yang anda masukan.

Selanjutnya kita tambahkan layer baru dengan nama action scrip , kemudian klik kanan kita pilih action dan kita ketikan script
Stop ();
kita coba jalankan dengan perintah crtl + enter

sekian. mudah-mudahan bermanfaaat. 
untuk file .fla nya bisa di download disini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © garw desain - Kiay Joni - Powered by Blogger - -